TIKUS

Tahukah engkau siapa sesungguhnya Tikus? Merekalah penyusu yg mengerat sepanjang masa. Ada yg mengerat rumah disebut Rattus rattus karena memang jumlahnya berratus-ratus ribu, juta, miliaran melebihi uang Gayus.

Ada yg mengerat gedung, gedung pemerintah, gedung rakyat, gedung yg berkantung tipis tapi berekening gendut, bahkan mengerat sawah karena itu disebut Rattus argentiventer. Dan bila para pengerat itu beramai-ramai turun ke sawah, karena sawah menyusut jumlah, dikerat jadi gedung-gedung mewah. Termasuk gedung sekolah mewah yg bukan untuk warga kelas bawah.

Tahukah kau ke manakah tikus-tikus bersekolah? Sebagian dari mereka mengambil kursus di got, saluran air yg bila hujan kedodoran menampung kotoran, karena itu mereka disebut tikus got atawa Rattus norvegayus. Bila suka lalu berkencingria, mereka mengirim Leptospira dalam urinnya.

Apakah kau mengenal clurut? Ia bukan curut, ataupun sahabat Ruhut, karena ia bukan termasuk kaum pengerat. Ia pemakan serangga, insektivora, termasuk semut, barangkali mereka yg pengecut.

Bagaimana sekarang kabar Wirok? Dialah bandit kota, itu memang nama aslinya. Ia memang tinggal di kota-kota. Mereka memang tikus yg sebenarnya, gemar memperbanyak diri. Dan sebab itu layak disebut tikus banyak, dalam bahasa tikus: Politikus.

BlackstoneCoffee, 1922011.

Posted with WordPress for BlackBerry.


About this entry